Kecantikan Tersembunyi di Nusa Penida

12:01 PM The Passion Path 0 Comments

Let's get lost in nature and you will find yourself-Anonymous-

Nusa Penida berada di dekat Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan yang terkenal dengan kawasan selam diantaranya adalah Penida Bay, Manta Point, Toyapakeh, Malibu Point, Batu Lumbung dan Batu Melig. Nusa Penida masih jauh lebih sepi dibandingkan dengan Nusa Lembongan dikarenakan kawasan ini masih sangat kering dan mengalami kesulitan untuk mendapatkan sumber mata air. Tetapi akhir-akhir ini masyarakat setempat maupun pemerintah daerah telah mulai gencar mempromosikan Nusa Penida sebagai tempat tujuan wisata baru selain Nusa Lembongan yang telah berkembang lebih  dahulu. Hal ini dibuktikan dengan adanya pembangunan akses jalan di kawasan ini sudah mulai bagus dan juga telah dibangun beberapa penginapan disekitar pelabuhan Toyapakeh. 

Untuk mencapai kawasan ini melalui Nusa Lembongan sangatlah mudah. Waktu itu saya menuju jembatan yang menghubungkan Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan disana terdapat boat kecil sebagai transportasi umum bagi  warga lokal sekitar setiap harinya. Ongkos tiket penyebrangan untuk wisatawan dikenakan tarif IDR 50000 dan masyarakat lokal dikenakan IDR 35000. Jika ingin mengeksplorasi pulau ini dengan mudah sebaiknya sewa kendaraan sepeda motor, karena untuk transportasi umum masih belum banyak tersedia. Tetapi jangan khawatir karena banyak sekali persewaan sepeda motor didekat pelabuhan Toyapakeh yang ditawarkan ketika turun boat secara langsung. Ongkos sewanya pun beragam mulai dari sekitar IDR 50000 sampai IDR 80000. 


Tujuan utama kami ke Nusa Penida adalah Pasih Uug atau akhir-akhir ini lebih populer dengan nama Broken Beach. Menuju tempat ini memerlukan waktu kurang lebih satu jam. Kawasan ini masih sangat terpencil sehingga tidak banyak warung, restauran dan pom bensin. Kami sarankan untuk membawa perbekalan secukupnya ketika melakukan perjalanan ke Pasih Uug dan jangan lupa mengisi penuh bensin sepeda motor.

Setelah satu jam berkendara akhirnya kami sampai di Pasih Uug. Jauhnya perjalanan dibandingkan dengan keindahan pemandangan yang kami dapatkan sangatlah layak. Lautan yang berada disisi tebing, segarnya angin laut tanpa adanya polusi perkotaan, kerasnya deburan ombak yang menghantam keras sisi tebing dan yang paling menyenangkan adalah ketika melihat 3 Manta Ray bermain dipermukaan laut. Semua kelelahan dan kesulitan mencapai tempat ini terbayarkan. 


 


Disebelah sisi kanan Pasih Uug terdapat tempat lain berupa tebing karang yang juga sangat indah sekali yang dikenal dengan nama Angle Bilabong, entah apa sejarah dari nama tersebut. Saya sarankan tetap berhati-hati ketika berenang di kolam karang atau ketika ber-selfie ria, karena terjangan ombak bisa tiba-tiba datang dari belakang dan menghantam begitu keras. Hal ini telah terjadi pada kami dan untungnya kami terselamatkan beserta hp kami yang tidak dilengkapi dengan  casing waterproof. Bagi penggemar landscape photography Pasih Uug adalah tempat yang sangat tepat dan indah untuk menambah koleksi foto keindahan alam Bali.



 

0 comments: