Cara Mengajukan Visa New Zealand

1:11 PM The Passion Path 0 Comments

Bagi warga negara Indonesia yang ingin mengunjungi New Zealand (Selandia Baru) wajib memiliki visa turis yang disebut Visitor Visa. Proses pengajuan dan pembuatan visa New Zealand sendiri saya rasa sangatlah mudah. Sama hal-nya dengan pengajuan visa Australia yang sebelumnya sudah saya dapatkan, visa New Zealand saya ajukan melalui agen resmi bernama VFS Global. Karena saya tinggal di Bali, maka saya mendatangi kantor VFS Global yang letaknya di lantai 3 Benoa Square Jimbaran. Pastikan datang Ke VSF Global di jam kerja Senin-Jumat mulai jam 8.30-16.00.
Untuk mengatahui dokumen apa saja yang perlu dikumpulkan dalam pengajuan visa silahkan cek di website berikut:

Berikut saya jabarkan persyaratan apa saja yang perlu disiapkan dalam pengajuan visa turis sesuai dengan pengalaman saya:

• Isi formulir yang bisa di download di website http://www.vfsglobal.com/newzealand atau bisa meminta langsung dikantor VFS Global.
• Sebuah foto baru berwarna ukuran 4x6 
• Paspor yang masih berlaku paling tidak 6 bulan terakhir. (Paspor asli akan dikirim ke embassy New Zealand karena mereka masih belum menggunakan e-visa seperti Australia)
• Fotokopi KTP, akta kelahiran dan kartu keluarga.
• Biaya visa sebesar IDR 1.910.000 di tahun 2016 (biaya bisa berubah sewaktu-waktu, silahkan cek di website harga yang masih berlaku).
• Surat keterangan kerja yang menyatakan bahwa saya datang Ke New Zealand hanya untuk berlibur. Surat keterangan kerja sangat penting untuk dilampirkan untuk meyakinkan pihak embassy bahwa kita akan kembali ke Indonesia dan tidak akan bekerja secara ilegal di New Zealand. Sewaktu-waktu pihak embassy akan mengecek di perusahaan kita bekerja untuk memastikan apakah kita benar-benar karyawan di perusahaan tersebut.
• Bukti keuangan untuk biaya hidup di New Zealand dengan minimal 1000NZD perbulan untuk masing-masing orang atau 400 NZD jika segala akomodasi telah dibayarkan atau ada pihak sponsor yang menyatakan akan menanggung.
• Lampiran booking tiket pulang-pergi (bisa masuk ke beberapa website tiket penerbangan dan melakukan booking tiket tanpa cancellation fee)
• Lampirkan jadwal perjalanan anda selama berada di New Zealand. Bisa cari di website seperti tripadvisor atau yang lainnya.

Serahkan semua dokumen ke pihak NZVAC, mereka akan membantu kita untuk mengecek kelengkapan dokumen. Jika ingin mengirimkan langsung ke pihak embassy New Zealand bisa langsung dikirim ke alamat berikut:


SENTRAL SENAYAN II BUILDING 10TH FLOOR
JL.ASIA AFRIKA no. 8, Gelora Bung Karno
SENAYAN, JAKARTA PUSAT 10270
Indonesia

Website: www.immigration.govt.nz
Telepon: +62 21 5795 4120
Fax: +62 21 5795 4124

Proses pengajuan Visa New Zealand berlangsung 7-10 hari kerja. Untuk visa saya sendiri selesai dalam waktu 7 hari dengan pemberitahuan secara otomatis melalui email dan sms.

Saya sangat beruntung sekali karena saya bisa mendapatkan multiple visa dengan masa berlaku 2 tahun. Itu artinya saya bisa datang kembali ke New Zealand lagi dengan tenggang waktu 2 tahun selama 90 hari. 

Saya bagikan tips dan trik untuk pengajuan visa New Zealand:

• Pastikan semua dokumen dilengkapi sesuai dengan persyaratan.

• Berikan lebih apa yang diminta oleh pihak New Zealand. Misalnya untuk bukti keuangan harus sesuai dengan budget ketika berlibur di New Zealand.

• Lampiran untuk Surat keterangan kerja dan cuti sangat penting.

• Fotokopi semua dokumen untuk berjaga-jaga jika kita memerlukan sewaktu-waktu sebagai cadangan. 

Semoga sukses pengajuan Visa New Zealand nya 💪🏼😀


0 comments: