Belajar Nama-Nama Ikan Laut

12:32 AM D.I.A.N 2 Comments

Sejak beberapa kali snorkeling di Bali saya pun penasaran dengan nama ikan yang sangat bermacam-macam dan cantik. Rugi rasanya jika kita sebagai penikmat keindahan alam bawah laut tidak mengenali apa saja yang ada di dalamnya. Sebelum kedua kalinya ke Pulau Menjangan, saya searching dulu di internet nama-nama ikan di Google Book. Dan saya menemukan nama-nama spesies ikan yang, dulunya, ketika pertama kali ke pulau Menjangan saya tidak mengetahui namanya. Here we go..let's enjoy the list of fish species as far as I know :)

1. Barakuda (Barracuda)
Barracuda






Barakuda dikenal dengan wujud menyeramkan. Ikan ini bisa ditemukan di samudera tropis dan subtropis diseluruh dunia. Beruntung sekali ketika pertama kali ke Pulau Menjangan saya menemukan baby barracuda, begitu saya menyebutnya, karena ukurannya yang masih kecil.


2. Morish Idol

Morish Idol





Ikan dengan corak warna belang ini bernama Morish Idol dimana namanya didapat dari mangsa Moor di Afrika yang konon diyakini sebagai pembawa kebahagian.  Dan menurut saya mitos itu benar karena setiap kali melihat Morish Idol ini saya merasa bahagia karena kecantikan yang dimilikinya.

3. Regal Angel Fish dan Onespot Rabbitfish

Regal Angel Fish dan Onespot Rabbitfish yang cantik

4.Ikan Sersan Mayor

Famili Pomacentridae, Genus Abudefduf. Bentuk badan mirip ikan nila, pipih ke samping dan agak lonjong dilihat dari samping. Memiliki loreng-loreng berwarna putih kekuningan dan hitam yang menyelimuti badannya. Kepalanya berwarna keabu-abuan dengan seluruh siripnya berwarna putih susu. Makanannya berupa benthos atau binatang renik pada terumbu karang. Ukuran : Panjangnya mencapai lebih dari 10 cm. (sumber:http://www.pipp.kkp.go.id).

Six-banded sergeant major / Abudefduf coelentinus
Masih banyak lagi nama-nama ikan yang masih dalam pencarian dan ingin saya eksplore di perairan laut yang berbeda di Indonesia atau seluruh dunia. Semoga dalam waktu dekat saya bisa belajar diving dan melihat banyak lagi jenis-jenis ikan dan coral lebih banyak lagi. Happy Snorkeling and Diving guys :D

2 comments :

  1. Keren...
    Yuk kapan2 mengenal Morrel, Lion fish, King Fish, Wabegong, black tip shark etc...

    ReplyDelete