IndoRunners Surabaya...Mari Lari!

3:28 PM D.I.A.N 0 Comments


IndoRunners Surabaya adalah komunitas masyarakat Surabaya yang mencintai olahraga lari. Tidak harus menjadi atlit untuk bergabung dengan komunitas ini. Saya yang sebelumnya memang sering melakukan jogging sendiri di seputar kompleks kos ikutan bergabung karena bagi saya lari ramai-ramai atau bersama teman lebih mengasyikkan dari pada lari sendiri yang tentunya lebih membosankan. Saya tergolong baru dalam komunitas IndoRunners, disini saya menemukan teman-teman yang penuh semangat sekali, asik, dan suka memberi motivasi kepada anggota baru yang baru bergabung. Pasti awalnya bagi pemula yang tidak pernah lari ketika diajak bergabung dalam komunitas ini merasa takut, khawatir jika diberitahu bahwa biasanya kami lari 4-5 km disetiap pertemuan. Begitupun juga dengan saya ketika lama tidak lari kemudian membayangkan lari dengan jarak 5 km bertanya-tanya apakah mampu lari dengan jarak sejauh itu. Dan ternyata di awal gabung saya bisa lari sampai 9 km. Tetapi sebenarnya itu tidak bagus karena peningkatan level lari per level atau minggunya adalah 10%. Jadi jika ingin mengawali untuk mulai lari kalian tidak perlu merasa minder dengan senior-senior yang jaraknya bisa sejauh 12-21 km. Kalian pasti bisa mengikuti mereka jika latihan rutin dan meningkatkan level dari waktu ke waktu  jika memang itu kebutuhan yang kalian inginkan.
Nah kenapa lari? karena lari olahraga yang notabene tidak mahal. Tidak mahal karena jika memang masih belum mempunyai uang untuk mempunyai sepatu lari kalian bisa mencoba lari tanpa kaki atau istilahnya Running Barefoot. Bisa di flashback kembali kan di jaman dulu sebelum terciptanya sepatu lari, orang jaman dulu pun sudah melakukan lari marathon. Di komunitas ini juga ada yang Barefoot loh, namanya mas Reza.

Sekali lagi jika ditanya kenapa lari yang menjadi pilihan saya untuk berolahraga? karena menurut saya olah raga ini mempunyai 2 keuntungan yaitu di segi fisik dan mental. Keuntungan di segi fisik jika kita rutin lari banyak sekali. Gak percaya? nih ada study-nya "The American Diabetes Association menerbitkan sebuah studi pada tahun 2011 yang menyatakan penurunan berat badan dari 5 persen menjadi 10 persen dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Manfaat lari pagi meliputi pemeliharaan berat badan dan peningkatan fungsi jantung."(sumber:Google). Manfaat lainnya yaitu meningkatkan kinerja jantung, paru-paru dan tulang, membakar kalori, lebih segar, sehat dan hidup lebih lama. Jika kita lari setidaknya 1 jam dalam seminggu dapat meningkatkan beberapa tahun masa hidup, itu yang dikatakan oleh spesialis jantung Dr Peter Schnohr dan rekan-rekannya bukan saya loh :p

Keuntungan dari segi mental menurut saya pribadi, lari membuat saya merasa lebih bahagia, mengurangi stress, tidur saya lebih nyenyak, saya lebih positif menjalani aktivitas sehari-hari, dan yang terakhir lari melatih saya untuk menjadi pribadi yang tidak mudah menyerah. Kenapa demikian? Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya sih, ketika lari bersama IndoRunners tiap kali 5 km rasanya ada saja pikiran untuk berhenti "ah ngapain juga capek-capek lari kayak gini mending malas-malasan aja di kosan sambil lihat tv" Itu yang terbesit sekilas saja di pikiran ketika saya capek  lari. Tapi pikiran itu terkalahkan dengan semangat tidak mau menyerah, tidak mau kalah dengan kemalasan yang seringnya menjadi setan merah di pikiran setiap orang. Ini manfaat yang nyata, saya menjadi pribadi yang tidak mudah menyerah.

So...nunggu apa lagi? #ayolari #marilari. Bagi masyarakat Surabaya yang mau memulai gaya hidup sehat, mau langsing, mau awet muda, mau punya banyak temen ayo rame-rame lari bareng IndoRunners Surabaya.

IndoRunners Surabaya in Jawa Pos



Note:
Bagi yang berminat gabung silahkan cek jadwal lari bareng IndoRunners Surabaya :
 
TuNR (Tuesday Night Run) & TNR ( Thursday Night Run) :
Tempat Kumpul : Skate & BMX Park, Delta Plaza#
Jam : 19:30
Start : 20:00

SMR ( Sunday Morning Run)
Tempat Kumpul : Kimia Farma, Jalan Raya Darmo (Car Free Day)
Jam : 05:30
Start : 06:00


Yang berminat gabung di grup facebook silahkan cari di : MEMBER INDO RUNNERS DI SURABAYA

0 comments: