Panduan Sebelum Mengunjungi New Zealand

12:03 AM The Passion Path 0 Comments


New Zealand adalah salah satu negara paling cantik  yang ingin dikunjungi setiap traveler di dunia. Beruntung sekali saya memiliki kesempatan untuk menjelajahi negara ini bersama pacar kesayangan saya :) Road trip kali ini bisa dikatakan sangat mendadak tanpa persiapan di jauh-jauh hari sebelumnya. Berikut saya jabarkan persiapan yang perlu dilakukan untuk mengunjungi New Zealand.

Visa

Mengajukan visa ke negara New Zealand bisa saya katakan cukuplah mudah, karena persyaratannya hampir sama dengan mengajukan visa ke Australia. Untuk berlibur kurang dari 3 bulan anda bisa mengajukan Visitor Visa. Biaya untuk visa adalah IDR 1.910.000, biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Untuk lebih jelasanya silahkan baca disini.

Budget

Perlu diketahui traveling ke New Zealand bukanlah liburan yang murah sekalipun melakukan perjalanan ala Backpacker. Harga barang, makanan dan transportasi umum tidak beda jauh dengan harga di Australia. Berikut saya beri gambaran melakukan perjalanan dengan budget yang bisa direncanakan sehemat mungkin.

Hostel/Dormitory: NZD50 per malam (bisa cek promo di booking.com)
Transportasi: City bus NZD, Camper Van NZD50 per hari
Makanan: Burger King NZD7, beli roti dan peanut butter untuk bekal beberapa hari (lumayan menghemat kantong:p)
Minuman: Banyak disediakan tap water yang bisa diisi ulang, atau beli 10lt air dengan harga NZD6.
Internet: Banyak disediakan kartu SIM gratis di supermarket dan aiport tetapi biaya untuk internet bisa dikatan lumayan mahal. Jika ingin lebih hemat ada beberapa spot tempat yang menyediakan free wifi seperti Burger King, McD dan Warehouse supermarket (salah satu tempat favorit saya untuk menikmati free wifi ;))

Exploring New Zealand

New Zealand merupakan negara kecil dengan 2 pulau yang terpisah yaitu disebelah selatan dan utara. Untuk menjelajahi dua pulau ini ada beberapa alternatif yang bisa dipilih:

Hop-On Hop-Off Bus : Salah satu traveling pilihan para backpacker adalah melakukan perjalanan menggunakan bus. Ada 3 perusahaan bus yang paling populer di New Zealand yaitu: Kiwi Experience, Magic Bus dan Stray.

Camper Van: Menjelajah menggunakan camper van memberikan kesempatan untuk melakukan perjalanan dengan fleksibel. Ada beberapa pilihan camper van favorit yang saya lihat sepanjang perjalanan kami mengelilingi New Zealand yaitu:

- Jucy ( saya menggunakan Jucy di road trip kali ini).

- Wicked Camper ( jika suka gaya Hippie perusahaan ini memiliki banyak pilihan gambar yang unik).

- Spaceship ( simple camper van dan hampir mirip dengan Jucy, kami ingin menggunakan camper van ini karena tidak sangat mencolok seperti camper van lainnya).

Hitchhiking : Saya bertemu banyak hitchhiker selama perjalan kami dan hal ini patut dicoba jika kalian memiliki cukup keberanian bertemu dengan orang asing. Saya yakin di New Zealand adalah negara aman bagi para hitchhiker. Resiko yang paling buruk adalah ketika tidak menemukan kendaraan ditempat terpencil dan terjebak dengan cuaca yang dingin atau hujan.

Activities

Liburan ke New Zealand bisa dikatakan mahal tetapi tidak dijadikan halangan untuk menikmati setiap aktifitas yang ditawarkan. Negara ini terkenal menciptakan aktifitas yang sangat menarik dan terkenal di berbagai dunia seperti misalnya bungee jumping. Tetapi jika budget anda sangat tipis untuk menikmati berbagai macam aktifitas, ada banyak sekali hiking trails dan walking trails yang tidak dikenakan biaya. Berikut beberapa aktifitas yang sangat populer di New Zealand seperti Bungee Jumping, Shotover Jet Boat, Skyline&Luge, Skydive, Trekking, Hiking, Rafting, Zipline, Kayaking, dan Sauna. Setiap aktifitas menarik yang perlu dilakukan bisa cek di 10 Things To Do in New Zealand.

NB: Jangan lupa membawa baju hangat dan sepatu untuk hiking, juga yang paling penting adalah membeli obat semprot anti sand flies.





0 comments: